Immigration On Board

Ga pernah kebayang sebelumnya kalo pekerjaan yang gue pilih ini ternyata membawa gue mewujudkan mimpi yang selama ini gue idam-idam kan yaitu menginjakkan kaki di negeri sakura. sebagai seorang yang menyukai anime, komik dan hal-hal berbau jepang, dateng ke jepang itu merupakan impian. ketika pertama kali kerja, yang ada didalem pikiran gue adalah nabung biar bisa ke jepang. Namun Sebagai seorang pegawai negeri, tentu impian ini saat itu terasa berat sekali. sampai suatu ketika terbuka kesempatan untuk mengikutan pendidikan Pejabat Imigrasi dan lulus dengan sempurna. 

pendidikan pejabat imigrasi ini dikenal sebagai Pendidikan Teknis Keimigrasian (PTK), dimana pegawai atau staf biasa dibekali kemampuan teknis keimigrasian sehingga menguasai teknis keimigrasian dilapangan dan siap untuk ditempatkan di beberapa Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) seperti bandara, pelabuhan, pos perbatasan darat dan kantor-kantor imigrasi yang memerlukan Pejabat Imigrasi. 

ketika lulus PTK, oleh Direktorat Jenderal Imigrasi gue diberikan mandat untuk bertugas di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta. sebuah tugas yang termasuk berat karena Soekarno Hatta atau dikenal sebagai Soetta terkenal dengan jam dan beban kerja yang bisa dibilang gila-gilaan. Namun, bagi Petugas Imigrasi yang ditempatkan disini bisa dibilang mendapatkan “bonus” berupa “jalan-jalan gratis” ke luar negeri berkat pelayanan keimigrasian yang disebut sebagai Immigration on Board. 

Immigration On board adalah sebuah kerja sama ekslusif antara Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi/Ditjenim), Garuda Indonesia dan BRI. Immigration On Board (IOB) adalah sebuah pelayanan keimigrasian yang dilakukan oleh 2 orang petugas Imigrasi di atas pesawat, dimana proses keimigrasian diselesaikan didalam pesawat ketika pesawat tersebut terbang menuju bandara Soetta..Pelayanan IOB ini pun hanya dilakukan diatas pesawat Garuda Indonesia dan pada rute-rute tertentu seperti Incheon (Korsel) – Jakarta, Narita (Jepang) – Jakarta, Sydney (Aussie) – Jakarta. tidak hanya Soetta yang memiliki pelayanan IOB ini, tetapi juga Bandara Ngurah Rai di bali yang memiliki rute Osaka (Jepang) – Bali, Narita – Bali dan Sydney – Bali. Sebelumnya Soetta juga memiliki 1 lagi rute tambahan yaitu Amsterdam – Jakarta, namun karena satu dan lain hal, IOB di rute tersebut ditiadakan. oh iya, Petugas Imigrasi yang ditugaskan untuk melaksanakan IOB ini hanya Petugas Imigrasi yang memiliki gelar Pejabat Imigrasi saja.

Kenapa disebut “jalan-jalan gratis”, karena pada dasarnya petugas yang mendapat tugas IOB harus ikut serta menuju negara tujuan. jadi teknisnya itu adalah misalnya pesawat berangkat menuju Narita. petugas ikut serta ketika pesawat menuju narita sebagai penumpang biasa, sampai di Narita, petugas imigrasi istirahat di hotel yang telah disediakan dan keesokan harinya kembali ke jakarta dan melaksanakan tugas IOB ketika pesawat berada di kurang lebih diatas wilayah Filipina. Nah, waktu tiba di Narita itu sekitar pukul 8 pagi sehingga ada waktu untuk jalan-jalan sampai keesokan harinya kembali ke jakarta pukul 11 siang.

sayangnya Narita berada diluar kota Tokyo, sehingga butuh waktu yang lumayan lama untuk mencapai kota tokyo. menggunakan kereta biasa yang terjangkau isi dompet,  memakan waktu sekitar 1.5 jam. sementara kereta ekspres sekitar 1 jam. Ada sih kereta yang cepet, misalnya NEX yang hanya 40 menit sampai Stasiun Shibuya atau Shinkansen yang mungkin hanya sekitar 20-25 menit tapi harganya bikin males sementara budget agak2 terbatas berhubung uang saku dari tugas IOB juga terbatas. 

tapi walaupun memakan waktu dan dana yang tidak sedikit, tentu tidak mematahkan semangat gue buat menjelajah kota Tokyo yang sudah lama menjadi impian gue. jadi uang saku yang diberikan suka tidak  bersisa atau minimal tersisa sedikit. mau gimana lagi? IOB ini buat gue adalah ajang jalan-jalan gratis, sehingga pikiran untuk nabung ga ada sama sekali hehehehe. 

 

Advertisements
This entry was posted in Travelling, work and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s