On Board Duty : Sydney 15 Juni 2013

sepertinya mulai sekarang gue bakalan ngeposting trip report tugas-tugas immigration onbard gue. dari pada ni blog kosong hahaha. yaaa sebagai pembuka kali ini adalah SYDNEY. kebetulan kemaren baru berangkat soalnya. jadi setidaknya dimulai dari yang paling fresh!

IMAG1485_resize

The Trip

sebetulnya jadwal ke sydney ini bukan jadwal gue. jadwal seorang teman di grup yang tidak bisa berangkat karena harus menemui istri dan anak yang baru berusia 2 bulan di batam sana. sehingga kemudian jadwal ini diberikan ke gue karena kebetulan gue memang belom pernah ke sydney dan visanya baru keluar sebulan lalu. jadwal onboard ini sebetulnya hanya diberikan 1 kali dalam sebulan. namun pada kenyataannya ga semua bisa menjalankan tugas ini karena alasan-alasan tertentu yang membuat mereka tidak bisa berangkat dan kemudian memberikan jadwal ini kepada orang lain.

jadi awalnya ternyata partner gue tidak bisa berangkat dan orang kepegawaian meminta gue untuk mencari penggantinya. ternyata ga dapet.  kemudian dicariin deh sama kepegawaian dan kemudian penggantipun didapat. ternyata oh ternyata partner baru gue juga baru pertama ke sydney juga *tepok jidat

pas jam 9 malem, seperti biasa  kita ngumpul di “Sentral” alias konter imigrasi keberangkatan di T22 Soetta.  Seperti biasa rutinitas ngambil alat dan kartu clearance gue lakukan sendiri. biar cepet. inisiatif aja. sementara checkin mau ga mau musti nunggu partner dateng karena harus nuker SPJ dengan tiket dan mengambil uang saku di kantor Manager on Duty Garuda. Salah satu enaknya jadi orang imigrasi di bandara itu adalah bisa checkin seenak jidat dimana aja hehehe.

boarding pass di dapat, minta cap-in paspor ama temen, trus nunggu sampe waktu boarding tiba. proses boarding pun sebenernya ada “aturannya” seperti misalnya permisi atau ngelapor ama Purser kalau petugas IOB sudah masuk pesawat. petugas2 IOB ini pun punya tempat duduk sendiri di pesawat, yaitu kursi 20 A-C deket pintu darurat Y Class. jadi kalau pergi ke Narita, Osaka, Seoul, Shanghai, Sydney, gampang ngeliat mana orang imigrasi. liat aja siapa yang duduk di kursi 20 A-C.

Pesawat saat itu take off sekitar jam 00.10. sedikit delay akibat traffick Soetta yang lagi padet-padetnya. lama perjalanan kurang lebih 7 jam dan waktu di sydney 3 jam lebih cepet dai jakarta. jadi kurang lebih nyampe sekitar 10 pagi waktu sydney. Yang agak berbahaya sebetulnya karena 2-2nya baru pertama kali ke Sydney. selama ini baisanya minimal ada 1 yang sudah pernah berangkat. jadi tau musti ngapain dan kemana. lah ini….2-2nya blah bloh.

pas landing di sydney untung ada station manager dan ground handling yang ngarahin musti kemana. setelah itu langsung menuju konter imigrasi buat di cap. saat itu ketemunya ama petugas custom cewek, cakep. berhubung ga ada bagasi langsung menuju pintu keluar dan dikasih Line ke 8 yang artinya tanpa pemeriksaan sementara partner gue dapet line 1 yang mana barang-barangnya musti di periksa. selesai pemeriksaan langsung menuju bus bareng semua kru garuda karena petugas IOB barengan 1 hotel sama kru di Mercure Hotel Sydney.

check in, naro barang, mandi, ganti baju, istirahat bentar trus langsung jalan. Berhubung 2-2nya baru ke sydney, tujuannya saat itu jelas Opera House. berdasarkan info yang didapat, KATANYA, jarak dari hotel ke Opera House tidak jauh dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. kenyataannya jaraknya lumayan. lumayan bikin pegel. Tapi memang ada untungnya juga jalan, bisa liat isi kota sydney dan skalian window shopping heheheh.

berbekal map dari aplikasi Tripadvisor di henpon gue, akhrinya kita sampe juga di Opera House. saat itu di sekitar opera house rame. mungkin karena hari minggu. sampe sini tentu tidak lupa foto-foto. termasuk foto narsis. keliling2 gedung opera house buat nyari spot foto yang cakep. alhasil dapet beberapa sih. cuma sayang karena ke siangan, jadinya backlight. padahal pengen foto harbour bridge yang tersohor itu. karena waktu yang mepet dan partner yang sepertinya tidak begitu tertarik mengeksplorasi daerah, jadinya yaa…..hanya sekitar2 situ aja. padahal pengen keliling-keliling ke Botanical Garden disamping Opera House. Mau Nonkrong di cafe bawah juga sepertinya susah. padahal pengen juga moto daerah sekitar Opera House ketika malam tiba. kebetulan sebagai bagian dari Southern Hemisphere, ketika belahan bumi bagian utara musim panas, di selatan justru kebalikannya. oleh sebab itu selain udaranya yang cenderung dingin (12-15 drajat celcius di siang hari),  matahari di Sydney lebih cepat tenggelam. jam 5 udah mulai gelap. gelap juga berarti toko-toko mulai tutup terutama Paddy’s yang tersohor akan barang murahnya. damn!

jarak dari Opera House ke Paddys untuk ukuran jalan kaki sebetulnya ga jauh2 amat. 15 menit jalan kaki dan berada diantara Operahouse dan Hotel tempat tinggal. jadi bisa skalian pulang. pas sampe di paddys ada kejadian lucu. pasarnya sebenrnya udah tutup, bgitu kita mau coba masuk, security depan pintu, bule,  bilang “udah tutup mas!”. tau aja kita orang indonesia hahahahaha bangke.

ga jadi belanja oleh-oleh di Paddys, jadinya ke sekitar paddys yang ternyata chinatown (pantesan murah). untungnya malem-malem gitu masiha da toko souvenir yang buka. setidaknya bisa belanja beberapa oleh-oleh buat orang rumah. selesai belanja kita balik ke hotel buat istirahat karena partner gue katanya pinggangnya udah mau copot sangking capeknya jalan.  sementara gue palingan cuma betis yang pegel. rencananya abis sejam istirahat gue mo balik lagi ke opera buat foto city lights-nya, cuma rencana tinggal rencana….gue ketiduran. alhasil cuma nonkrong di McD seberang hotel buat numpang wifi. tololnya ternyata di hotel ada wifi gratis buat kru garuda. bgitu tau ada wifi gratis langsung balik ke hotel dan wifi-an di hotel.

The Food

seperti apa yang dibilang oleh rekan-rekan yang udah duluan disini, pangan di sydney itu MAHAL. bahkan lebih mahal dari jepang. ga ngira-ngira. di jepang air mineral masih dapet lah harga 100 yen (rp. 10.000)., di sydney air mineral di banderol AUD 3-5. buset….itu sekitar 30-50 rebu. mo beli makanan cemilan juga sama. ampun deh. Yang konyol, seorang teman pernah bercerita kalo dia hampir didenda AUD 200 di bea cukainya Aussie hanya karena bawa makanan pesawat (roti isi daging). Untung sebelumnya gue ga jadi bawa itu roti. padahal kalo IOB ke Jepang, Korea dan Shanghai biasanya gue bawa buat pengganjal perut di jalan. tapi sepertinya khusus untuk sydney kegiatan food gathering ini ga bisa di pake.

untuk makan malam, kemaren gue memilih makan KFC. ada alasan khusus kenapa makan di KFC. sebetulnya gue kemakan omongan temen-temen disini sih. konon katanya KFC paling enak ada di Sydney. well….ada betulnya sih. ntah kenapa dagingnya lembut banget. rasanya juga pas, sayangnya gue lupa bawa sambel dari sini. kayaknya bakalan lebih enak lagi heheheh. Gue beli satu paket sekitar AUD 9. isinya : pepsi kaleng, ayam goreng 3 potong, 1 roti dan 1 mashpotato.  kenyang gila. Paket ini sebetulnya mirip ama paket di Malaysia. isinya juga sama. bedanya ayamnya lebih enak. mungkin kalo ayam original KFC Indonesia dagingnya kayak KFC Sydney mungkin bakalan paling enak sedunia.

The Oleh-Olehs

setiap perjalanan, gue selalu membawa oleh-oleh buat keluarga. yang wajib dibeli tentu saja magnet buat kulkas. ini pesenan khusus nyokap. so gak mungkin ga gue bawa dan beli.   Karena partner gue juga blah bloh, jadi sebetulnya kemaren itu bingung juga mau beli apa. akhirnya gue cuma beli coklat 2 bungkus itu juga beli di 7-11 dan sekitar 7 buah magnet. hasil beli di chinatown dan airport. untuk magnet ini sebetulnya harganya masih dalam batas kewajaran. variannya juga banyak.

The Photos

IMAG1217_resize

IMAG1232_resize IMAG1236_resize IMAG1244_resize IMAG1263_resize IMAG1321_resize IMAG1368_resize

IMAG1422_resize  IMAG1492_resize IMAG1512_resize IMAG1546_resize

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s