Daytrip to Zhujiajiao

IMG_3053_resize

IOB kali ini gue ke Shanghai lagi, yang ketiga kalinya secara berturut-turut. Agak bingung juga kenapa bisa begitu. nah kali ini, kalau biasanya berdua ama temen, kali ini gue perginya sendiri, karena partner gue bilang dia maunya tek-tok. ya gue sih seneng-seneng aja ya. jadi bebas jalan-jalan kemana-mana heheheh.

Zhujiajio, gue nemu ini tempat sebetulnya karena gak sengaja baca-baca peta yang gue dapet dari stasiun maglev. gak kayak peta-peta gratisan lainnya, di peta ini cukup lengkap dan cukup baik hati ngasih tau dimana tempat-tempat wisata yang okeh punya termasuk ancient town. di peta itu nunjukin juga beberapa ancient town di sekitar kota shanghai, termasuk salah satunya adalah Zhujiajiao ini. kalo diliat dari letaknya emang tempatnya luar kota shanghai.

Untuk menuju tempat ini sebetulnya cukup mudah, kita tinggal naek bus yang menuju Zhujiajiao dari terminal bus bus di jalan Pu’An Road. letaknya gak jauh dari People Square. busnya pun memang tujuan akhirnya adalah kota tua ini. Nah yang jadi masalah adalah kalau kita gak bisa ngebaca tulisan china, karena semua ditulis dalam bentuk hurup china. untung di peta yang gue dapet ditulis ada hurup china disetiap tempatnya, jadi tinggal nyocok-nyocokin bentuk hurupnya dan modal nanya pake bahasa tarzan. ini bus juga sistemnya bgitu tempat duduk penuh dia brangkat. Pas kemaren sih lumayan cepet penuh. yang orang asing sepertinya gue doank, sisanya orang2 shanghai yang pengen jalan-jalan dan penduduk setempat. harga tiketnya juga lumayan murah, cuma 12 yuan atau sekitar Rp. 20.000. dan lama perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit.

Sampe di terminal Zhujiajiao, kita tinggal keluar dari terminal dan langsung belok kiri. papan petunjuk juga cukup jelas dan besar. ada beberapa tukang becak yang nawarin jasa, tapi saran gue sih mending jalan. deket banget soalnya. sampe di Zhujiajiao ini kesan pertama yang gue dapet adalah ini tempat China banget. banyak toko-toko gak jelas, bau yang mungkin bisa gue bilang China banget dan agak2 jorok. pas awal-awalnya sih agak2 kecewa juga ngeliat bangunan-bangunan yang ternyata nyatu ama bangunan baru, tapi bgitu masuk lebih dalem lagi…..baru keliatan bangunan-bangunan china tempo doeloe, persis ama yang selama ini gue liat di film-film china jadoel. Meski banyak yang beralih fungsi jadi toko tempat jualan berbagai macam barang yang bisa dijual (terutama sapi kaki pendek), tapi bangunan bangunannya masih tetap menggunakan bangunan lama. ada beberapa yang sudah dimodifikasi biar keliatan agak-agak modern.

IMG_3057_resize

Cukup banyak restoran-restoran atau cafe-cafe yang bisa dibilang cukup cozy untuk nokrong-nonkrong sambil menikmati pemandangan dan suasana di kota tua ini. harganya juga cukup bervariatif dan kebanyakan masih bisa dijangkau ama dompet gue yang tipis inih. kalo males coba-coba dan pengen tetap menikmati gaya hidup barat, masih ada starbuck di deket pintu masuk, dan juga KFC lalu Lawson. bahkan sepertinya sebentar lagi bakalan ada mall kecil deket pintu masuk yang isinya brand-brand internasional. ampun.

IMG_3063_resize

Setelah keliling-keliling ini kota tua ini baru ngeh kenapa disebut dengan Ancient Water Town. kota ini memang benar-benar dikelilingi sungai (air) dan antar wilayahnya dihubungkan dengan banyak jembatan. atraksi utamanya selain bangunan-bangunan tua juga wisata menyusuri sungai-sungai diantara bangunan-bangunan tua ini dengan menggunakan sebuah perahu yang dapat disewa oleh pengunjung yang sayangnya gak sempat gue coba. tapi kembali sayang seribu sayang, tempat ini  lumayan jorok, seperti yang gue bilang sebelumnya. China Banget

terlepas dari china bangetnya itu, ini tempat memang cukup menakjubkan. kita masih bisa ngeliat sekilas bagaimana kota-kota tua di china jaman doeloe. siapapun yang ke shanghai setidaknya, minimal, mampir ke kota ini.

Photos

IMG_3109_resize IMG_3107_resize IMG_3103_resize IMG_3099_resize IMG_3095_resize IMG_3084_resize IMG_3065_resize   IMG_3051_resize IMG_3049_resize IMG_3045_resize IMG_3034_resize

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s