Shanghai World Financial Center

 

 

 

IMAG0661_resize 
        Onboard ke Shanghai kali ni gw ditemani partner yang sepertinya gak doyan jalan-jalan dan kurang asik buat dibawa jalan. Dugaan gw jadi kenyataan pas gue dah sampe di Shanghai. Hari itu gue emang pengen banget ke sebuah kota tua yang namanya Zhoujialou dan kalo sempet ke Shanghai World Financial Center. Hari itu gue juga lagi pengen jalan-jalan sendiri. Makanya sebelum gue jalan gue ceritain rencana perjalanan gue hari itu ke partner gue lengkap dengan jarak, waktu dan biaya yang keluar (dengan sedikit lebay). Sesuai rencana pertner gue gak mau hehehe jahat ya gue? Bodo ah…

Tujuan hari itu yang jelas Zhoujialou, tapi gue skip dulu deh ceritanya. Langsung ke Shanghai World Financial Center (SWFC). SWFC ini merupakan salah satu dari 3 tower yang naik-able di wilayah pudong kota shanghai. Letaknya persis diseberang sungai dari The Bund. Tower ini cukup mencolok berhubung bentuknya yang memang beda sendiri. Bentuknya persis kayak alat buat buka botol dan menjulang dengan tingginya sehingga keliatan dari jauh. Pengen nyebut Shanghai Tower tapi tapi takut ketuker ama Oriental Pearl Tower yang juga kadang disebut Shanghai Tower dan memang lokasinya sangat berdekatan. Selesai jalan-jalan Zhoujialou gw langsung ke tower ini pake MRT. Turun di stasiun Lujiazui, keluar stasiun tinggal jalan dikit. Gak bakalan nyasar karena keliatan banget dari luar stasiun. Jalan ke SWFC sendiri bisa dibilang jalan-jalan penuh dengan sesi foto. Pemandangannya fotogenik banget.

IMAG0473_resize

Anyway berbekal informasi dari teman-teman terdahulu bahwa naik SWFC adalah sekitar RMB 140, gue langsung menuju loket penjualan tiket yang ada dibawah gedung. Ternyata harga tiketnya naik jadi RMB 180 atau sekitar RP. 300.000 ribuan. meh..

begitu masuk, pengunjung pertama-tama diberikan sedikit penjelasan melalui video tentang Shanghai dan SWFC. setelah itu masuk keruangan yang isinya maket SWFC dan sekitarnya. setelah itu langsung menuju elevator menuju lantai 97. oh iya di SWFC ini ada 3 lantai yang bisa dikunjungi yaitu lantai 94, 97 dan 100. lantai 94 adalah resto dan penjualan souvenir, lantai 97 dan 100 untuk observatorium . lantai pertama yang dikunjungi adalah lantai 97 dimana pengunjung bisa melihat pemandangan kota Shanghai. lantai 97 ini ada di bagian bawah “pembuka botol”. gak begitu banyak yang bisa dilihat disini selain pemandangan kota. atraksi sebenarnya ada di lantai 100 yang letaknya berada di bagian atas “pembuka botol” Di lantai 100, pengunjung juga bisa menyaksikan pemandangan kota Shanghai baik di bagian Pudong dan Puxi (seberang sungai /The Bund). kalau gak suka pemandangan kota dari atas tower sih mungkin bakalan ngerasa bosen karena praktis tempat ini hanya menyajikan atraksi-atraksi seperti pemandangan panoramik dan lantai kaca. itu pun bakalan menambah bosen karena kalo siang-siang hampir seluruh kota Shanghai tertutup kabut akibat dari polusi kendaraan bermotor. pemandangan sesungguhnya akan mulai terlihat ketika malam tiba dimana seluruh lampu-lampu kota Shanghai mulai bermunculan dan mengalahkan kabut polusi. Dari sini pula kita bisa dapet pemandangan lengkap The Bung ditambah dengan ikon kota Shanghai yaitu Oriental Pearl Tower. Cakep!

IMAG0522_resize

IMAG0534_resize

Dengan asas ogah rugi, gue nonkrong di lantai 100 sampe malam tiba. lumayan juga nunggu sejam lebih demi hanya untuk mendapatkan foto-foto malem hari. Begitu mulai gelap, makin banyak pengunjung yang dapat khusus untuk foto-foto. sepertinya dada beberapa photografer profesional lengkap dengan peralatan yang canggih, sementara gue cuma berbekal kamera hape. Gak masalah, kualitas kamrea hape gue juga bagus kok  heheheh. puas foto-foto dan liat-liat pemandangan, gue turun ke lantai 94 untuk liat-liat kafe dan beberapa souvenir. sapa tau ada yang bagus. di lantai 94 ini seinget gue cuma ada 1 kafe kecil yang mana kalau kata temen gue bisa nonkrong disitu cuma modal beli minuman kaleng aja. di bagian souvenirnya gue langsung nyari magnet kulkas yang kira-kira cuma dijual ditempat ini dan gue beli beberapa set magnet. total belanja magent doank RMB 120, tapi ya demi sebuah ke-ekslusif-an maka sebaiknya jangan disesali.

IMAG0581_resize

IMAG0643_resize

IMAG0649_resize

selesai belanja gue langsung turun berhubung perut juga mulai keroncongan. saat itu yang ada dikepala cuma lezatnya sate khas Uyghur didekat hotel. anyway, pemandangan malam di bawah sini juga gak kalah bagus. kalo ngeliat ke atas, kita disuguhkan pemandangan cantik dimana awan-awan berterbangan melewati 3 gedung pencakar langit yang saling berdekatan. belum lagi ditambah lampu-lampu di Oriental Pearl Tower. emejing!

IMAG0678_resize

IMAG0712_resize

IMAG0687_resize

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

